MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI TRIGONOMETRI (PTK pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas X Jasa Boga 4 SMK Negeri 3 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2016/2017

Wety Setia Rini

Abstract


Penelitian ini berdasarkan pengalaman peneliti dalam mengajarkan matematika selama ini, sebagian besar mereka sulit memahami materi trigonometri, Meskipun peneliti sudah berupaya membimbing peserta didik dalam memahami konsep trigonometri  dengan cara memberikan Lembar Aktivitas Peserta Didik. Oleh karena itu seorang guru perlu mempertimbangkan strategi pembelajaran khususnya pemilihan media sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui media interaktif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. (2) Untuk mendeskripsikan proses sebelum dan sesudah penggunaan media interaktif. (3) Untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan penggunaan media interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik  pada materi trigonometri  melalui penggunaan media interaktif dapat meningkatkan hasil belajar, dan keaktifan peserta didik. Selain itu juga terjadi peningkatan hasil belajar berupa naiknya nilai rata-rata kelas dan naiknya persentase ketuntasan belajar peserta didik.  Jika dilihat kenaikan hasil belajar dari siklus 1 ke siklus II, terjadi peningkatan ketuntasan belajar dari 59% menjadi 100%.  terjadi kenaikan nilai rata-rata dari 73,03 menjadi 80,32.  Dengan demikian hasil belajar siswa kelas X Jasa Boga 4 SMKN 3 Bogor pada materi trigonometri dinyatakan tuntas. Oleh  karena itu peneliti menyarankan variasi media pembelajaran diperlukan untuk menghindari kejenuhan peserta didik. Salah satunya menerapkan media pembelajaran khususnya media pembelajaran interaktif.

 Kata-Kata Kunci   : Media Pembelajaran  Interaktif, Hasil Belajar Peserta Didik , Mata Pelajaran Matematika        


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 46 times| PDF view : 0 times

References


Arsyad A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Depdiknas (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Dimyati, Mudjiono (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Mulyanta, St dan Leong, Marlon (2009). Tutorial Membangun Multimedia Interaktif, Media Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Atmajaya.

Sudjana, Nana (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.33062/jpb.v1i01.349

Cited By :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EDITORIAL OFFICE
Jurnal Pendidikan Binaniaga
Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat
STIE Binaniaga
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Binaniaga
Jl. Raya Pajajaran No. 100 - Bogor 16153
Telp. 0251-8360688 - Fax 0251-8354558
Email : jurnal.pendidikan.binaniaga@stiebinaniaga.ac.id , p3m@stiebinaniaga.ac.id