PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATERI NARRATIVE TEXT (PTK pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Kelas X AP 1 SMK Negeri 3 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2016/2017)

IRIYANTI IRIYANTI

Abstract


Penelitian ini berawal dari fenomena yang terjadi dilapangan bahwa rendahnya kualitas pembelajaran Bahasa Inggris berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa  khususnya kemampuan berbicara (speaking). Oleh karena itu seorang guru dituntun untuk lebih profesional didalam memilih menggunakan media  yang tepat yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan, sehingga kegiatan proses belajar mengajar lebih efektif dan bermakna. Salah satu media  pembelajran yang dicobakan dalam penelitian ini adalahmedia pembelajaran audio visual. Penelitian ini betujuan untuk mendapatkan deskripsi nyata mengenai penerapan pendekatan pembelajaran dengan menggunakan media auodio visual untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X AP1  di SMK Negeri 3 Bogor khususnya kemampuan berbicara   pada pelajaran  Bahasa Inggris  pada materi narrative teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media audio visual  dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk berbicara bahasa Inggris (Speaking) pada materi narrative teks. Penggunaan Media gambar audio visual  yang menarik turut memotivasi siswa dalam pembelajaran di kelas, siswa menjadi tertarik untuk berbicara bahasa Inggris dengan teman pasangannya. Mereka tidak merasa takut untuk salah dalam berbicara bahasa Inggris, dan ini membuat mereka berani pula berbicara di depan teman-teman lainnya ataupun di depan kelas. Tentu saja hal ini sangat positif dalam menumbuhkan rasa percaya diri mereka dalam menguasai keterampilan berbicara bahasa Inggris.Media gambar audio visual  pembelajaran ini untuk menghindari kebosanan dan kefasipan siswa dalam mengikuti pembelajaran mata pelajaran Bahasa Inggris sehingga diperoleh hasil yang meningkat dari pra siklus skor rata-rata 60.97 menjadi 73.51 di siklus I dan 80.14 skor di siklus II. Dari uraian diatas peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan media gambar audio visual dalam pembelajaran Bahasa Inggris pada materi narrative text  dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya kemampuan berbicara (Speaking), karena itu peneliti menyarankan kepada para pengajar agar model pembelajran dngan menggunakan media gambar audio visual  ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran bahasa Inggris  di sekolah.

 Kata Kunci :   Media  Pembelajaran Audio Visual, Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris, Narrative Text.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 48 times| PDF view : 0 times

References


Azhar, Arsyad 2009. Media Pembelajaran Edisi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Soedjana, 2002. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung Remaja Rosda Karya.

Tarigan, 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung, Angkasa.

Gorys Keraf 1989. Argumentasi dan Narasi. Jakarta : Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.33062/jpb.v1i01.351

Cited By :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EDITORIAL OFFICE
Jurnal Pendidikan Binaniaga
Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat
STIE Binaniaga
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Binaniaga
Jl. Raya Pajajaran No. 100 - Bogor 16153
Telp. 0251-8360688 - Fax 0251-8354558
Email : jurnal.pendidikan.binaniaga@stiebinaniaga.ac.id , p3m@stiebinaniaga.ac.id