PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PESERTA DIDIK DALAM INSTALASI SISTEM OPERASI PADA PELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER KELAS X MULTIMEDIA 2 DI SEMESTER GENAP PADA SMK NEGERI 1 BOGOR (TAHUN PELAJARAN 2015-2016)

DENNY RAHMAN

Abstract


Penelitian dilakukan karena guru melihat bahwa hasil tes peserta didik mengecewakan yaitu nilai peserta didik dominan rendah atau di bawah KKM yang telah ditentukan pada pembelajaran prosedur kompleks. Untuk itu guru meninjau kembali penggunaan model pembelajaran yang telah diterapkan agar aktivitas peserta didik dan hasi belajar peserta didik meningkat dan memenuhi standar KKM. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) hasil belajar peserta didik pada pelajaran Perakitan Komputer materi Instalasi Sistem Operasi Berbasis Windows XP SP3 semester genap tahun pelajaran 2015-2016 SMK Negeri 1 Kota Bogor. 2) proses peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Perakitan Komputer dengan materi Instalasi Sistem Operasi berbasis Windows XP SP3 di kelas X Multimedia 2. 3)mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Perakitan Komputer materi Instalasi Sistem Operasi berbasis Windows XP SP 3 dengan mengunakan pembelajaran simulasi menggunakan aplikasi Simulator XP di kelas X Multimedia 2 semester ganjil tahun pelajaran 2015-2016 di SMK Negeri 1 Kota Bogor. Setelah dilakukan penelitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran dengan menggunakan simulasi untuk materi Instalasi Sistem Operasi Berbasis Windows XP SP3 menggunakan aplikasi SimulatorXP terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas X Multimedia 2 semester genap tahun pelajaran 2015-2016 SMK Negeri 1 Kota Bogor dan membuat peserta didik menjadi lebih bersemangat meningkatkan daya saing sehingga kelas terlihat aktif. Sebelum menggunakan model pembelajaran simulasi untuk  mata pelajaran Perakitan Komputer, tingkat ketuntasan materi peserta didik hanya 14%,   tetapi terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran simulasi menjadi 100% pada siklus ke 2. Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran simulasi pada mata pelajaran Perakitan Komputer untuk mteri Instalasi Sistem Operasi Berbasis Windows dengan menggunakan aplikasi SimulatorXP dapat mengubah situasi belajar peserta didik menjadi aktif dan bersemangat sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik. Selain itu, model ini juga digunakan bila sarana dan prasarana khususnya laboratorium komputer kurang memungkinkan untuk dilakukan uji coba / praktikum.

 Kata-Kata Kunci : Model Pembelajaran, Hasil Belajar, Peserta Didik, Simulasi


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 42 times| PDF view : 0 times

References


Abu Ahmadi & Joko Triprasetya, (2005). Strategi Belajar Mengajar, Pustaka Setia, Bandung.

Hamalik, Oemar. 1992, Psikologi Belajar Mengajar, Sinar Baru, Bandung.

Hamiyah, Nur., Jauhar, Mohammad. (2014). Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Prestasi Pustaka, Jakarta.

Muhibbin syah (2000). Psikologi Belajar, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Nur Hamiyah & Moh. Jauhar, (2014). Strategi Belajar Mengajar di Kelas, Prestasi Pustaka, Jakarta.

Sudirman S. Arif., Raharjo., Haryono Anang, Natakusumah Sinwari. (1990). Media Pendidikan. Rajawali, Jakarta Utara.

Sudjana, N, 1987, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Sinar Baru Algesindo, Bandung.

Vandestra, Muhammad, (2018). Panduan Cara Menginstal Windows XP SP3 Untuk Pemula Lengkap dengan Gambar, Xenohikari Dragon, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33062/jpb.v1i01.352

Cited By :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EDITORIAL OFFICE
Jurnal Pendidikan Binaniaga
Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat
STIE Binaniaga
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Binaniaga
Jl. Raya Pajajaran No. 100 - Bogor 16153
Telp. 0251-8360688 - Fax 0251-8354558
Email : jurnal.pendidikan.binaniaga@stiebinaniaga.ac.id , p3m@stiebinaniaga.ac.id