PENERAPAN SUPERVISI KELAS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN SUPERVISI PEMBELAJARAN (Penelitian Tindakan Sekolah terhadap Kepala Sekolah di SMK Kota Bogor Semester 2 Tahun 2016/2017)

UZI FAUZIAH

Abstract


Untuk menjaga mutu proses pendidikan, diperlukan adanya quality controll yang mengawasi jalannya proses dan segala komponen pendukungnya. Para kepala sekolah masih ada yang belum optimal dalam melaksanakan supervisi pembelajaran. Beberapa temuan diantaranya beberapa kepala sekolah jarang melaksanakan supervisi kelas, dan  jarang menindaklanjuti temuan dari supervisi kelas, hal ini diyakini penyebab kurang optimalnya layanan pembelajaran. Bertolak dari permasalahan tersebut di atas, maka pengawas perlu memberikan pendampingan untuk melakukan perbaikan pembinaan melalui PTS. Metode penelitaian yang dipilih adalah metode penelitian tindakan dalam hal ini adalah penelitian tindakan sekolah. Penelitian Tindakan Sekolah ini dilaksanakan pada guru-guru SMK yang menjadi binaan peneliti di Kota Bogor. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui proses peningkatan kompetensi kepala sekolah dalam penerapan teknik supervisi kelas sebagai upaya pelaksanaan supervisi pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi pembelajaran melalui teknik supervisi kelas mengalami peningkatan dari tiap siklusnya. Untuk nilai rata-rata naik dari 73,33 pada siklus 1 menjadi 91,67 pada siklus 2. Dan nilai tertinggi dan terndah berturut-turut naik yakni pada siklus 1, 80 dan 70 naik pada siklus 2 menjadi 95 dan 85. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh kesimpulan bahwa penerapan teknik supervisi kelas memberikan dampak yang signifikan bagi peningkatan kompetensi kepala sekolah.

 Kata Kunci: Supervisi Kelas, Kompetensi Kepala Sekolah, Supervisi Pembelajaran


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 39 times| PDF view : 0 times

References


Akib, Zainal (2009). Pengembangan Profesi Guru dan Pengawas Sekolah dengan Penelitian Tindakan Kelas / Sekolah. Bandung: Yrama Widia.

Departemen Pendidikan. 1996. Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya Jakarta: Depdikbud.

Hamalik, Oemar. 1999. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, Endang. (2009). Penelitian Tindakan Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muslihuddin. (2009).Kiat Sukses Melakukan Penelitian Tindakan elas & Sekolah.Bandung .Rizki Press.

Oliva, Peter F. 1984. Supervision For Today’s School. New York: Longman.

Rustaman, Nuryani Y. Strategi Belajar Mengajar. Diktat Mata Kuliah. Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak Diterbitkan.

Suwantikno, Tikky. (2007). Supervisi Guru. Tidak Diterbitkan.




DOI: https://doi.org/10.33062/jpb.v1i01.353

Cited By :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EDITORIAL OFFICE
Jurnal Pendidikan Binaniaga
Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat
STIE Binaniaga
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Binaniaga
Jl. Raya Pajajaran No. 100 - Bogor 16153
Telp. 0251-8360688 - Fax 0251-8354558
Email : jurnal.pendidikan.binaniaga@stiebinaniaga.ac.id , p3m@stiebinaniaga.ac.id