PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG PEMANDUAN MULTIDAY TOUR DAN OVERLAND TOUR DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS PADA MATA PELAJARAN PEMANDUAN WISATA (TOUR GUIDING) MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) KELAS XII USAHA PERJALANAN WISATA (UPW) 2 SEMESTER 6 SMK NEGERI 1 KOTA BOGOR TAHUN PELAJARAN 2015-2016

NANI MARYANI

Abstract


Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pemanduan Multyday Tour dan Overland Tour dengan menggunakan Bahasa Inggris pada mata pelajaran Pemanduan Wisata (Tour Guiding).  Oleh karena itu seorang pendidik perlu mempertimbangkan strategi pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui model  pembelajaran kontekstual (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tetang Pemanduan Multiday Tour dan Overland Tour dengan menggunakan Bahasa Inggris pada Mata Pelajaran Pemanduan Wisata (Tour Guiding) di kelas XII UPW2 Semester 6 SMK Negeri 1 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2015/2016, (2)Untuk menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan  model  pembelajaran kontekstual (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tetang Pemanduan Multiday Tour dan Overland Tour dengan menggunakan Bahasa Inggris pada Mata Pelajaran Pemanduan Wisata (Tour Guiding) di kelas XII UPW2 Semester 6 SMK Negeri 1 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2015/2016, (3)Untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang  Pemanduan Multiday Tour dan Overland Tour dengan menggunakan Bahasa Inggris pada Mata Pelajaran Pemanduan Wisata (Tour Guiding), sesudah menggunakan  model pembelajaran kontekstual (CTL) di kelas XII UPW2 Semester 6 SMK Negeri 1 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model  pembelajaran kontekstual (CTL) dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas XII UPW2 SMK Negeri 1 Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor.. Sebelum menerapkan model  pembelajaran kontekstual (CTL)  hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 69,38 kemudian terjadi peningkatan setelah menerapkan model  pembelajaran kontekstual (CTL)  menjadi 74,10 pada siklus 1 dan 82,60 pada siklus 2. Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa penerapan model  pembelajaran 

kontekstual (CTL)  yang disesuaikan dengan  materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik. Oleh  karena itu peneliti menyarankan agar penerapan  model  pembelajaran kontekstual (CTL) disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Pemanduan Wisata (Tour Guiding) di sekolah-sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bogor.

Kata Kata Kunci   : Model  Pembelajaran Kontekstual (CTL),   Hasil Belajar Peserta     Didik,  Mata Pelajaran Pemanduan Wisata (Tour Guiding)


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 51 times| PDF view : 0 times

References


Asep Saepul Hamdi dan E. Bahruddin, (2014), Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan, Yogyakarta : deepublish.

Dimyati dan Mujiono, (2002), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta Jasa Unggah Mulyawan, (2010), Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta:GavaMedia.

Martinis Yasmin, (2013), Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran, Jakarta GP. Press Group.

Muslihuddin (2010), Kiat Sukses Melakukan Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, Bandung, Rizqi Press.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005, Standar Nasional Pendidikan, Jakarta,Depdiknas.

Peraturan Mendiknas Nomor 22 tahun 2006, Standar Isi, Jakarta, Depdiknas.

Peraturan Mendiknas Nomor 23 tahun 2006, Standar Kompetensi, Jakarta, Depdiknas.

Peraturan Mendiknas Nomor 41 tahun 2007, Standar Proses, Jakarta, Depdiknas.

Slameto, (2003), Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta, Rineka.

Suharsimi Arikunto, (1996), Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.33062/jpb.v1i01.354

Cited By :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EDITORIAL OFFICE
Jurnal Pendidikan Binaniaga
Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat
STIE Binaniaga
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Binaniaga
Jl. Raya Pajajaran No. 100 - Bogor 16153
Telp. 0251-8360688 - Fax 0251-8354558
Email : jurnal.pendidikan.binaniaga@stiebinaniaga.ac.id , p3m@stiebinaniaga.ac.id