PENGGUNAAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI OFFERING SERVICES DI KELAS XII JASA BOGA 4 SEMESTER 1 SMK NEGERI 3 BOGOR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

NANI HENDRAYANI

Abstract


Penggunaan multimedia dalam pembelajaran bahasa asing telah banyak digunakan, terutama untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Saat ini, perkembangan teknologi telah memungkinkan pemberdayaan berbagai media dalam pembelajaran bahasa asing. Audio, video, dan bahkan internet menjadi media bagi guru dan siswa dalam mengoptimalkan kemampuan berbahasa. Untuk itulah, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) gambaran riil penggunaan video dalam meningkatkan keterampilan  berbicara siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris  untuk materi offering services, (2) bagaimana pengajaran bahasa Inggris dengan penggunaan video dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa untuk materi offering services, dan (3) seberapa besar pembelajaran bahasa Inggris dengan penggunaan video dapat mempengaruhi raihan nilai siswa untuk materi offering services berdasarkan acuan KKM. Siswa yang belajar bahasa Inggris dengan penggunaan video ini merasakan kelas dan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan yang ditunjukkan dengan keaktifan yang lebih pada saat pembelajaran berlangsung. Selain itu, keaktifan siswa ini meningkat dari siklus I ke siklus II. Dalam aspek raihan nilai siswa, penggunaan video dapat membantu siswa meraih nilai yang lebih baik dan memenuhi nilai acuan KKM. Hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan nilai siswa dari pra siklus ke siklus I dan kemudian meningkat lagi di siklus II dengan semua siswa meraih nilai sesuai atau di atas acuan nilai KKM. Hasil penelitian ini memberikan konfirmasi bahwa penggunaan video dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk materi offering services dapat mendorong siswa untuk lebih aktif di kelas dan membantu mereka meraih nilai yang lebih baik dan memenuhi standar acuan KKM. Untuk itu, peneliti mendorong penggunaan video ini untuk dapat disosialisasikan sebagai metode alternative dalam pembelajaran Bahasa Inggris di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, khususnya di Area Bogor dan sekitarnya.

  Kata Kata Kunci:  Penggunaan Video, Mata Pelajaran Bahasa Inggris, Keterampilan Berbicara, Raihan Nilai, Keaktifan Siswa


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 41 times| PDF view : 0 times

References


Almurashi, Wael Abdulrahman 2016. The Effective Use of Youtube Videos for Teaching Language in Classrooms as Supplementary Material at Taibah University in Alula. International Journal of English Language and Linguistics Research.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2015, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Brown, Douglas H. 2000. Teaching by Principles: An Integrated Approach to Language Pedagogy, Second Edition. New York: Longman Pearson Education,

Brown, Douglas H. 2004. Language Assessment: Principles and Classroom Practices. New York: Longman Pearson Education.

ÇAKIR, Ismail. 2006. The Use of Video as an Audio-Visual Material in Foreign Langauge Teaching Classroom. The Turkish Online Journal of Educational Technology.

Čepon, Slavica.2013. Effective Use of the Media: Video in the Foreign Language Classsroom. IZVORNI ZNANSTVENI RAD.

Hussain, Shafaat. 2017. Teaching Speaking Skills in Communication Classroom. International Journal of Media: Journalism and Mass Communications (IJMJMC).

Irwantoro, Nur dan Yusuf Suryana. 2016. Kompetensi Pedagogik: Untuk Peningkatan dan Penilaian Kinerja Guru dalam Rangka Implementasi Kurikulum Nasional. Surabaya: Genta Group Production.

Larsen-Freeman, Diane. 2000. Techniques and Principles in Language Teaching. Oxford University Press.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006, Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006. Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta, Depdiknas.

Pisarenko, Veronika. 2017. Teaching a Foreign Language Using Videos. Basel, Switzerland: MDPI.

Richards, Jack C. 2006. Communicative Language Teaching Today. Cambridge University Press.

Richards, Jack C. 2016. Teaching Speaking: Theories and Methodologies, www.professorjackrichards.com

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Verner, Susan. 2017. How to Evaluate Speaking, www.busyteacher.org




DOI: https://doi.org/10.33062/jpb.v1i01.355

Cited By :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EDITORIAL OFFICE
Jurnal Pendidikan Binaniaga
Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat
STIE Binaniaga
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Binaniaga
Jl. Raya Pajajaran No. 100 - Bogor 16153
Telp. 0251-8360688 - Fax 0251-8354558
Email : jurnal.pendidikan.binaniaga@stiebinaniaga.ac.id , p3m@stiebinaniaga.ac.id