PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CTL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI JENIS-JENIS KAMAR HOTEL (PTK pada Mata Pelajaran Housekeeping di Kelas XII Akomodasi Perhotelan 1 SMK Negeri 3 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2018/2019)

SILVIA RISQA AGUSTINA

Abstract


Penelitian ini berawal dari fenomena yang terjadi di lapangan bahwa rendahnya kualitas pembelajaran Tata Graha / Haousekeeping berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Oleh karna itu seorang guru dituntun untuk lebih prefesional didalam memilih menggunakan metode yang tepat yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan, sehingga kegiatan proses belajar mengajar lebih efektif dan bermakna. Salah satu metode pembelajran yang dicobakan dalam penelitian ini adalah metodel pendekatan model CTL. Penelitian ini betujuan untuk mendapatkan deskripsi nyata mengenai penerapan pendekatan pembelajaran model CTL untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII Akomodasi Perhotelan SMK NEGERI 3 Kota Bogor pada mata pelajaran Tata Graha / Haousekeeping Pada Materi Jenis-Jenis Kamar. Untuk mengetahui proses penggunaan model pembelajaran CTL dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII Akomodasi Perhotelan SMK NEGERI 3 Kota Bogor pada mata pelajaran Tata Graha / Haousekeeping dengan menggunakan pendekatan pembelajaran model CTL pada Pada Materi Jenis-Jenis Kamar Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran CTL hasil belajar siswa pada jenis-jenis kamar dapat ditingkatkan. Penggunaan metode pembelajaran ini untuk menghindari kebosanan dan kefasipan siswa dalam mengikuti pembelajaran Tata Graha / Haousekeeping sehingga diperoleh hasil yang meningkat dari pra siklus skor rata-rata 60.7 menjadi 72.7 di siklus I dan 80.7 skor di siklus II. Dari uraian diatas peneliti menyimpulkan bahwa model pembelajaran pendekatan CTL yang digunakan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, karena itu peneliti menyarankan kepada para pengajar agar model pembelajran pendekatan CTL ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Tata Graha di sekolah.

 Kata Kunci :      Model Pembelajaran Pendekatan CTL, Prestasi Belajar Tata Graha, Jenis-Jenis Kamar.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 40 times| PDF view : 0 times

References


Muslihuddin (2010), Kita Sukses Melakukan Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, Bandung, Rizki Press.

Danim Sudarman (2005), Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran Tahun 2004, Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional.

Undang Gunawan (1997), Peningkatan Mutu Proses Belajar Mengajar Sekolah Dasar Bandung , CV Seger Tengah.

Unpak (2010). Pendidikan dan Latihan Profesi Guru, Bogor.




DOI: https://doi.org/10.33062/jpb.v1i01.356

Cited By :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EDITORIAL OFFICE
Jurnal Pendidikan Binaniaga
Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat
STIE Binaniaga
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Binaniaga
Jl. Raya Pajajaran No. 100 - Bogor 16153
Telp. 0251-8360688 - Fax 0251-8354558
Email : jurnal.pendidikan.binaniaga@stiebinaniaga.ac.id , p3m@stiebinaniaga.ac.id